Pdt. Dr. Paul Gunadi

Pdt. Dr. Paul Gunadi

Kapankah Perlu Konseling?

Ada orang yang cepat-cepat pergi ke dokter saat tubuhnya sakit namun bersikeras menolak pergi ke konselor untuk cek kesehatan jiwanya. Pergilah konseling jika kita sudah tidak bisa menyelesaikan masalah dengan tepat dan sehat, jika kita tidak berfungsi optimal dalam hidup, atau jika kita terus bergumul dengan dosa tertentu dan tidak bisa bertumbuh secara rohani.

Merajut Hidup

Mengambil keputusan-keputusan penting dalam hidup bagaikan tengah merajut benang-benang. Satu langkah salah berpotensi membelokkan atau mengubah arah dan kualitas kehidupan kita. Syukur kepada Allah, DIA senang memberikan kesempatan kedua kepada kita.

Menghadapi Kematian Anak Bayi

Kematian anak dalam kandungan ataupun saat ia masih bayi bukan saja mematikan impian dan harapan tapi juga sebagian diri kita. Dukacitanya tak mengenal batas waktu, ayah dan ibu bisa berduka dengan cara yang berbeda. Tapi kita musti ingat, Tuhan menggunakan kematian untuk membawanya masuk ke dalam rumahNya di surga.

Tatkala Anak Lahir Tidak Sempurna

Kasus anak berkebutuhan khusus memerlukan perawatan dan pendekatan yang khusus pula. Walau demikian ada prinsip-prinsip umum yang musti kita pegang dalam hal ini: mengerti problem yang dihadapi si anak sehingga bisa mengusahakan perawatan yang tepat, menerima si anak tanpa syarat dan sepenuh hati, serta mendukung anak tanpa memisahkan diri dari realitas.

Menyikapi Berita yang Membanjir

Belajarlah membedakan antara fakta dengan opini, fakta dengan fitnah, fakta dengan fantasi, dan fakta dengan sensasi. Inilah cara menyikapi berita yang membanjiri kita.

Bahaya Pertemanan Online

Lindungi anak kita dari para pemangsa di dunia maya. Ingatkan anak mengenai bahaya pertemanan online, ikutilah perkembangan hidup anak dan terlibat di dalamnya, sambut teman anak kita, dan bangunlah relasi yang hangat di dalam rumah.

Bertahan dalam Penderitaan

Kadang kita harus bertahan dalam penderitaan tanpa dapat melihat sinar di ujung terowong yang gelap. Bila ini yang terjadi, penting untuk terus meyakini Allah mempunyai rencana yang melebihi akal kita. Bagian kita adalah menyerahkan kekuatiran kita kepada-Nya, belajar hidup hari demi hari, dan berterima kasih kepada para penolong yang telah Tuhan sediakan.

Bertahan dalam Kebangkrutan

Bukan saja kita dapat susah dan tidak makmur di dalam mengikut Tuhan, kita pun dapat mengalami kebangkrutan. Penghiburan kita bahwa pemeliharaan Tuhan tetap ada dalam kebangkrutan sekalipun. Untuk bertahan dalam kebangkrutan kita harus bersedia berkorban, terbuka kepada anggota keluarga dan saling mendukung, serta terus bergantung kepada Tuhan.

Tetap Fokus dan Berimbang dalam Kesibukan

Kesibukan bukan saja menimbulkan kelelahan fisik tapi juga kelelahan mental spiritual. Mari belajar dari Tuhan Yesus yang dalam kesibukannya tetap fokus dan berimbang.

Ia Sudah Menyiapkan Segala Sesuatunya

Ada kalanya kita terkejut ketika masalah datang. Tapi percayalah, Tuhan tidak terkejut dengan apa yang kita alami karena Dia sudah menyiapkan segala sesuatunya untuk kita, jauh melebihi apa pun yang bisa kita pikirkan. Mari belajar dari Bangsa Israel yang Tuhan pimpin keluar dari tanah Mesir.

Halaman

Berlangganan RSS - Pdt. Dr. Paul Gunadi